Komunikasi Efektif (Lengkap)


Komunikasi Efektif Dalam Bisnis - Kali ini Bicara Bisnis akan membahas seputar komunikasi efektif dalam bisnis. Seblum kita masuk ke materi, kita harus tahu dulu apa itu Komunikasi Efektif. Komunikasi Efektif adalah Komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain. Biasanya perubahan sikap ini terlihat pada proses maupun masa pasca komunikasi.

Tujuan Komunikasi Efektif
Tujuan: Untuk memudahkan orang lain dalam memahami pesan yang disampaikan oleh seseorang pemberi pesan (Komunikator). Selain itu, komunikasi efektif juga bertujuan supaya informasi yang di sampaikan dapat menimbulkan Feedback dari sang penerima pesan.


Ciri-Ciri Komunikasi Efektif 
Sebuah komunikasi dikaitkan efektif apabila:
  1. Pesan dapat diterima dan dimengerti serta di pahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya.
  2. Pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima pesan dan ditindak lanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim.
  3. Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindak lanjuti pesan yang dikirim.

Hambatan Komunikasi Efektif
Hambatan komunikasi efektif adalah sebagai berikut:
  1. Pesan yang disampaikan tidak jelas dan menimbulkan presepsi lain.
  2. Cara penyampaian tidak tepat atau tidak disukai Komunikan.
  3. Komunikator dan Komunikan tidak siap melakukan komunikasi.
  4. Hubungan antara Komunikator dan Komunikan tidak baik.
  5. Berbicara terlalu lambat dan terlalu cepat (lisan) atau kalimat terlalu Kompleks dan naskahnya panjang (tertulis).
  6. Terlalu sering muncul "Gumaman" dalam berbicara, seperti eeee, oooo, emmm dsb. Gumaman akan menimbulkan presepsi, pembicara tidak menguasai materi pembicaraan.

Unsur-Unsur Komunikasi Efektif
  • Sumber
  • Komunikator 
  • Pesan 
  • Channel 
  • Efek
Sumber, sumber yang dimaksud adalah Dasar yang digunakan dalam rangka memperkuat pesan yang hendak disampaikan. Sumber dapat berupa orang, lembaga, buku, dokumen dll.
Pesan, pesan dapat terdiri dari 3 bagian yaitu
     1. Pesan Informatif, pesan Informatif bersifat memberikan keterangan-keterangan atau fakta yang           menuntun komunikan untuk mengambil keputusan.
     2. Pesan Persusif, pesan persuasif adalah pesan yang berisikan bujukan yang bertujuan untuk                   memberikan perubahan sikap Komunikan.
     3. Pesan Koersif, pesan koersif adalah kebalikan dari pesan persuasif. Pesan Koersif ini bersifat               memaksa dengan mengandalkan sanksi-sanksi untuk menekan Komunikan.
Channel (Media), media komunikasi massa digunakan untuk mengkomunikasikan pesan dari satu atau beberapa orang kepada Banyak Orang.
Efek, Efek merupakan unsur-unsur komunikasi yang memiliki definisi hasil akhir dari suatu komunikasi.

  1. Personal Opinion, personal opinion adalah sikap dan pendapat seseorang pada suatu masalah tertentu.
  2. Publik Opinion, public opinion merupakan penilaian sosial mengenai suatu hal berdasarkan proses pertukaran pikiran.
  3. Majority Opinion, majority opinion dapat dipahami sebagai pendapat yang disetujui oleh sebagian besar masyarakat.

Unsur-Unsur Komunikasi Menurut William J.Seller
  1. Lingkungan Komunikasi
  2. Enkoding Dekoding
  3. Sumber Penerima 
  4. Kompetensi Komunikasi
  5. Feedback
  6. Gangguan
  7. Saluran
  8. Pesan

5 Kunci Komunikasi Efektif
  1. Tersenyum 
  2. Berbicara dengan jelas
  3. Santai
  4. Tidak Monoton
  5. Dengar dan Pahami

Komunikasi Efektif Formula 7C
  1. Completeness (Lengkap)
  2. Conciseness (Ringkas)
  3. Consideration (Penuh Pertimbangan)
  4. Clarity (Jelas)
  5. Concoreteness (Nyata)
  6. Courtesy (Tata Krama)
  7. Correcness (Benar)

5 Hukum Komunikasi Efektif
Konsep REACH yang disebut The 5 Inevitable Laws Of Effective Communication
  1. Respect
  2. Empathy
  3. Audible
  4. Clarity
  5. Humble




0 Response to "Komunikasi Efektif (Lengkap)"

Posting Komentar